=Hamimeha

Jurus Jitu Menjadi Content Creator bagi Pemula

Posting Komentar
Konten [Tampil]

Jurus jitu jadi conten creator bagi pemula
"Wah, jadi content creator ya sekarang?”

"Apa saja sih modal jadi content creator?” “Bagaimana jadi content creator? Aku bisa gak ya?”


Sejak memutuskan resign, aku berpikir menjadi ibu rumah tangga akan sulit menghasilkan uang. Hal tersebut terpatahkan dengan perkembangan zaman di era digital saat ini.

Profesi di era digital semakin variatif. Apalagi bekerja di dunia ekonomi kreatif bisa dilakukan oleh siapa saja dan banyak kalangan. Asal memiliki keterampilan dan mampu membaca peluang maka siapapun bisa terjun ke dunia ekonomi kreatif ini. Entah menjadi seorang selebgram, youtuber, fotografer ala-ala, bahkan design grafis menggunakan aplikasi.

Aku membuktikannya. Modal HP di tangan, aku berhasil meraih gaji ratusan dollar sebagai freelancer. Fyi, aku bekerja hanya bermodal HP Samsung A51 yang aku beli 5 tahun lalu. Samsung A51 yang dibelikan suami sebagai hadiah ulang tahun ini menjadi saksi perjalananku sebagai content creator seperti saat ini.

Nah, Sobat Hamim!

Aku ingin membagikan sedikit tips menjadi content creator bagi pemula untuk kalian semua. Silakan disimak sampai akhir ya!

Peluang Menjadi Content Creator di Era Digital


Siapapun bisa jadi content creator. Kok bisa? Yups! Merujuk pada definisinya, content creator adalah seseorang yang bekerja membuat sebuah konten baik berupa tulisan, gambar ataupun video yang akan ditampilkan pada media populer seperti instagram, tiktok, youtube, dsb.

Nah, mengapa content creator banyak diminati?

Menjadi konten kreator secara tidak langsung kita sedang melakukan personal branding diri. Jika personal branding kita dikenal baik oleh publik maka otomatis memiliki pengaruh bagi orang audience atau publik yang melihat.
Kondisi dimana content creator menciptakan pengaruh dan dampak inilah menjadi peluang bagi content creator untuk bisa bekerjasama dengan banyak pihak. Peluang kerjasama ini tentu bisa bernilai besar. Selain itu, menjadi content creator tidak memerlukan gelar pendidikan yang mentereng. Sehingga, siapapun bisa melakukannya.

Ada banyak contoh content creator yang berasal dari daerah-daerah yang terkenal dan meraup penghasilan fantastis dari konten-konten mereka.

Nah, apakah Sobat Hamim semakin tertarik? Berikut tips menjadi content creator bagi pemula ala Hamimeha.

Tips Menjadi Content Creator Bagi Pemula Ala Hamimeha


Yoi Sobat Hamim!

Aku akan mencoba menuliskan tips ini berdasarkan pengalaman dan referensi yang aku punya. Semoga bermanfaat ya!

Pertama, mulai dari hal-hal yang disukai

Sejujurnya, bekerja itu berat. Bahkan jika yang kita kerjakan adalah passion kita. Namun, akan jauh lebih ringan karena kita menyukainya.
Aku selalu menyarankan para content creator pemula untuk mencari dan memulai dari hal-hal yang mereka sukai. Aku memulai perjalananku sebagai content creator di Instagram dengan topik parenting. Karena aku suka berbagi edukasi seputar menjadi ibu baru, literasi untuk orang tua, perkembangan anak.

Rupanya, kebiasaan berbagi ini menjadikanku terframe sebagai orang yang fokus dengan parenting. Akhirnya, inilah jalanku menjadi content creator seputar parenting. Baik di youtube, instagram, maupun blogku. Dan selama aku bekerja rasanya seperti menjalankan hobi saja. Asyikkan!

Jadi, mulai saja dengan hal-hal yang kamu suka. Lalu tekuni dengan sungguh-sungguh! 

Kedua, tentukan niche


Yups!

Fokus dan spesifik akan membuat kita terlihat lebih expert. Aku pun merasakannya secara pribadi. Hal tersebut membuatku lebih mudah untuk berkembang dan dikenal.

Tips dariku, saat kita memiliki banyak minat maka cobalah mencari benang merah dari berbagai minat itu agar lebih mengerucut. Misalnya, aku minat dengan literasi dan design. Namun, aku memilih untuk mengambil topik parenting sebagai niche khusus yang aku bangun. Maka, literasi dan design adalah bagian dari pendukung untuk membangun niche tersebut.

Jadi, intinya seberapapun banyak minat dan keterampilan kita. Usahakan tetap fokus pada satu hal yang akan menjadi branding kita. Sedangkan, minat lain menjadi pendukung untuk niche yang kita bangun.

Tips jadi content creator pemula
Ketiga, pilih platform

Aku menyadari banyak platform yang bisa digunakan. Akan tetapi bagi seorang pemula, pastikan untuk fokus pada satu platform terlebih dahulu. Pilih platform yang kita menguasai fiturnya dan mudah mengakses serta menggunakannya.

Hal ini berkaitan juga dengan target audience yang kita pilih. Aku pribadi memilih instagram sebab fiturnya lebih ramah, pengguna instagram lebih banyak anak milenial yang notabene sama denganku. Jadi, tentukan saja sesuai dengan kebutuhanmu ya Sobat Hamim!

Keempat, rumuskan strategi

Meskipun masih pemula. Merancang perencanaan sebelum memulai adalah 50% keberhasilan. Setidaknya, kita tahu apa yang akan kita kerjakan dan goalsnya. Selain itu, adanya strategi memudahkan kita melakukan kontrol dan evaluasi.
Tips dariku sebagai content creator pemula adalah rajinlah belajar dan teruslah haus ilmu. Pastikan bahwa proses kita ini berdampak pertama adalah untuk diri kita sebelum orang lain.

Kelima, optimalkan sumberdaya

Sejatinya, aku tidak mengharapkan lebih atas fasilitas yang aku punya. Bermodalkan HP dan konten keseharian seorang ibu rumah tangga bersama anak-anaknya ternyata mengantarkanku sebagai content creator.

Yups!

Jadi Sobat Hamim sangat bisa mengandalkan fasilitas yang ada untuk ngoten. HP dan apa yang ada di sekitar kita bisa dijadikan sumberdaya mendukung konten kita. Terhitung sejak tahun 2021, aku menggunakan HP Samsung sebagai senjata andalanku.

Fyi, ini adalah HP Samsung ketigaku sejak belasan tahun lalu aku memiliki HP pertama kali. Menariknya, sebagian besar keluargaku pengguna merk HP asal Korea ini.

Kabar Baik untuk Content Creator Pemula dari Samsung

Aku rasa tidak perlu menjelaskan panjang lebar kenapa banyak orang yang jatuh hati pada merk HP sejuta umat ini ya. Selain, handal dari segi kualitas. Model dan harganya juga terbilang cukup variatif. Aku sudah membuktikannya. Sebagian besar content creator yang aku kenal pun menggunakan HP Samsung dengan berbagai tipe sesuai kebutuhan.

Nah, kabar baiknya nih buat content creator pemula ada produk baru yang rilis akhir tahun 2023 lalu. Samsung meluncurkan Samsung A15 dengan kualitas mewah harga murah.

Apa saja keunggulan Samsung A15?

Keunggulan Samsung Galaxy A15 Untuk Content Creator Pemula

Keunggulan Samsung A15
Ada lima keunggulan Samsung Galaxy A15 yaitu,

1. Design sesuai kebutuhan content creator


Siapa sangka jika design HP Samsung Galaxy A15 memiliki detail design yang dilengkapi dengan cekungan seperti baji. Cekungan itu memisahkan antara area tempat bersandar tangan dengan area yang dihuni sensor sidik jari dan tombol volume.

Tahukah Sobat Hamim, adanya cekungan itu akan memudahkan orang untuk bisa menjangkau sensor sidik jari tanpa melihat ponsel. Hal ini memberi kemudahan bagi kita saat ngonten, sebab ibu jari akan bersandar natural. Asyikkan!

Selain ktu, body slim yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy A15 ini praktis untuk dibawa kemanapun. Tampilan yang lebih pendek, singset, dan tipis ketimbang pendahulunya membuat HP ini cukup bisa diandalkan untuk ngonten dimanapun.

2. Layar Super AMOLED dengan Kecerahan Hingga 800 nit

Sejujurnya, aku sering mengandalkan cahaya matahari saat ngonten. Hasil gambar dan video yang cerah akan menjadikan konten kita lebih profesional. Nah, Samsung Galaxy A15 hadir memfasilitasi kebutuhan tersebut.

Galaxy A15 punya layar 6,5 inci dengan panel Super AMOLED. Resolusi layar ini Full HD+ (1080 x 2340) dan sudah mendukung refresh rate 90 Hz. Sobat Hamim, akan mencapai tingkat kecerahan mencapai 800 nit, angka 800 nit tentu saja lebih dari cukup untuk hasil yang profesional. Hasil optimal ini diperoleh jika Sobat Hamim ketika ponsel digunakan di luar ruangan.

Aku rasa ini lebih cukup dari kebutuhan content creator pemula. Apalagi didukung dengan kepraktisan design Samsung Galaxy A15.

3. Berselancar tanpa Lag

Yups, keunggulan lain dari Samsung Galaxy A15 adalah dapur pacu Galaxy A15 diperkuat oleh SoC MediaTek Helio G99 dan didukung oleh RAM 8 GB yang besar.

Kabarnya, performa Galaxy A15 sangat lancar untuk penggunaan sehari-hari. Buat Sobat Hamim yang suka multitasking, scrolling di aplikasi media sosial terasa mulus. Menariknya, disebutkan tidak djumpai lag pada HP yang dibandrol 2 jutaan ini.

4. Hasil tangkap layar yang memuaskan

Dibekali kamera utama 50 MP (f/1.8, autofokus), kamera ultrawide 5 MP (f/2.2), dan kamera makro 2 MP (f/2.4), konfigurasi kamera belakang Galaxy A15 nyaris tanpa gimmick.

Selain itu, bagian muka terdapat kamera depan 13 MP fixed focus dengan bukaan f/2.0. Kecuali kamera makro, seluruh kamera Galaxy A15 bisa menghasilkan video dengan resolusi maksimal 1080p (Full HD) 30 FPS.

Hasil jepretan dari Samsung Galaxy A15 ini detailnya tinggi, warnanya tidak lebay, dan tingkat pencahayaannya oke. Foto-foto bokehnya pun rapi. Kemampuan low light-nya tak disangka juga keren. Yups! Buat para content creator pemula, adanya keunggulan pada hasil jepretan ini sangat membantu profesionalitasnya.

5. Jaminan pembaharuan dalam 5 tahun

Aku rasa tidak berlebihan jika Samsung Raih Peringkat #1 dalam Kepuasan Pelanggan dan Kualitas Layanan Keseluruhan untuk Perangkat Seluler 5G. Aku dan kebanyakan orang memilih Samsung dikarenakan after sale yang memuaskan.

Menariknya, di Samsung Galaxy A15 ini ada jaminan pembaruan software untuk Galaxy A15 adalah lima tahun yang meliputi mencakup upgrade versi Android sebanyak 4x dan update sistem keamanan selama 5 tahun. Sedangkan sistem keamanan diberikan secara periodik hingga tahun 2029. Wah lumayan ya, untung banyak lho dengan di kelas harga yang sama!

Yupii, apakah Sobat Hamim jatuh hati dan ingin memiliki HP spek mewah harga murah ini untuk mengawali menjadi content creator pemula?

Tenang Sobat Hamim!

Sobat Hamim bisa mempercayakan pembelian HP ini di tokopedia. Aku dan suami merupakan pengguna setiap marketplace ijo ini. Sobat Hamim, bisa mengunjungi Produk Terbaru Tokopedia untuk mencari referensi. Sejak pandemi, kami mempercayakan pembelian barang-barang elektronik melalui Tokopedia. Fyi, aku bahkan melakukan proses pembelian mobil kami awal tahun lalu menggunakan Tokopedia.

Alasan memilih tokopedia
Yups, senyaman dan seaman itu pengalaman kami menggunakan Tokopedia. Hal ini didukung dengan proses pembayaran yang aman, mudah, dan terpercaya. Tokopedia menyediakan berbagai metode pembayaran. Sistem keamanan yang dimiliki menjadi akun anggota Tokopedia sangat baik dan cukup kuat karena sistem keamanan menggunakan verifikasi kode OTP.

Suamiku seringkali meyakinkanku bahwa pembelian online lewat marketplace keamanannya lebih terjamin. Ada prosedur keamanan yang memang menjadi prioritas mereka. Sebagai orang IT, mungkin suamiku lebih paham terkait hal tersebut.

Nah, daya tarik lain yang membuat kami nyaman belanja di Tokopedia adalah berlimpah promo dan tawaran menguntungkan. Kami membuktikan sendiri lho! Belanja di official store Tokopedia memberikan banyak kesempatan untuk mendapatkan promo, diskon, cashback, dan masih banyak lagi yang menguntungkan bagi pembeli.

Pilihan belanja hemat menggunakan Tokopedia adalah pilihan yang tepat. Yups, jadi jika Sobat Hamim ingin membeli HP Samsung Galaxy A15 bisa ke official store tokopedia saja ya!

Dapatkan keuntungan berlipat.

Konsistensi Adalah Kunci Sukses Setiap Profesi

"Disiplin kecil yang diulang dengan konsistensi setiap hari mengarah pada pencapaian besar yang diperoleh perlahan dari waktu ke waktu." - John C. Maxwell
Apapun profesi yang akan kita geluri kelak. Konsistensi adalah kunci keberhasilannya. Aku menyadari bahwa selama ini belum konsisten. Ada banyak distraksi di dua tahun terakhir yang membuatku belum berkembang pesat. Ada prioritas yang menjadi fokusku kala itu.

Namun, aku merasakan di satu tahun pertama konsistensi membangun personal branding membawaku berhasil dikenal sebagai parenting enthusiast. Hal tersebut pula yang membuka jalanku menjadi seorang content creator pemula. Bermodal HP Samsung ditangan, aku bisa meraih ratusan dollar dan bekerjasama dengan berbagai brand.

Aku percaya bahwa setiap orang akan menemukan rezekinya jika bersungguh-sungguh. Siapapun bisa menjadi content creator. Memulai hal baru, siapa takut?

Hamimeha
Bismillah, lahir di Pulau Garam, tumbuh di kota Santri, menetap di kota Pahlawan., Saat ini suka berbagi tentang kepenulisan-keseharian-dan parenting., ● Pendidik, ● Penulis 11 buku antologi sejak 2018, ● Kontributor di beberapa media online lokal dan nasional sejak 2019, ● Praktisi read a loud dan berkisah, ● Memenangkan beberapa kompetisi menulis dan berkisah, ● Narasumber di beberapa komunitas tentang parenting dan literasi. ●
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar

Popular